Skip to content
22/06/2010 / Windy

Skutik Jepang Mulai Bergaya Eropa

metik-jepangwihans.com | wihans.web.id [ Otomotif ] : Tren penjualan skutik di tanah air terus meningkat. Kami berharap Honda PCX menjadi pemimpin tren skutik premium di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT AHM Yusuke Hori saat peluncuran Honda PCX, di Jakarta, kemarin.

Honda PCX dilengkapi teknologi tinggi yang belum pernah ada di skutik lain di Indonesia yaitu Idling Stop System (ISS). ISS adalah fitur otomatis mematikan mesin secara sementara setelah skutik berhenti dalam hitungan tiga detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini patut mendapat acungan jempol karena fitur ini bahkan tidak dimiliki oleh Piaggio.

Dengan desain mirip Piaggio X Evo, skutik yang mengusung mesin 124,9cc ini juga memiliki fitur alarm anti maling dan kapasitas bagasi yang besar sehingga mampu menyimpan satu unit helm fullface serta teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Fitur-fitur ini menjadi syarat mutlak skutik-skutik Piaggio generasi terbaru.

Kemiripan dengan skutik Eropa juga terjadi pada skutik bergaya retro modern Scoopy yang dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) akhir Mei lalu. Skutik yang mengusung mesin 110cc ini mendapatkan respon yang luar biasa di Tanah Air.

AHM mengungkapkan hingga 15 Juni lalu, SPK (surat pemesanan kendaraan) skutik yang dibandrol Rp 13,5 juta ini mencapai 5.000 unit. Sejumlah blogger otomotif di Tanah Air pun mengamini Scoopy mengingatkan masyarakat Indonesia akan kejayaan Vespa di era 1970-an dan 1980-an. Skutik yang mengusung band Viera sebagai duta (brand ambassador) memiliki desain serba bulat.

Sementara itu, PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) yang menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) Piaggio, Aprilia, dan Husqvarna, merilis Piaggio Zip yang diimpor utuh (CBU) langsung dari Vietnam, Sabtu (19/6) berbandrol Rp18,5 juta on the road Jakarta. Dengan mengusung mesin 100 cc, SKN optimis mencapai target penjualan 200 unit per tahun.

“Kami optimistis mampu menjual 200 unit Zip hingga akhir tahun ini. Selain harganya yang terjangkau, skutik ini juga memiliki desain yang stylish, cocok untuk anak muda,” ujar Presiden Direktur SKN Nugroho Tjandrakusuma.

Piaggio Zip 100 lahir dengan desain tubuh khas Eropa yang simpel dengan dukungan mesin 4 tak berstandar Euro 2 berkapasitas 100cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 5,7 hp pada putaran 6.750 rpm dengan torsi sampai 6,5 Nm pada 5.500 rpm. Sementara bobot motor ini hanya berkisar di angka 89 kg dengan kapasitas tangki BBM mencapai 7,3 liter.

Piaggio memang pernah melakukan tes pasar dengan meluncurkan Piaggio Fly beberapa tahun lalu dengan harga di kisaran Rp30 jutaan. Varian ini menjadi produk termurah Piaggio di Tanah Air. Sayangnya, skutik tersebut jarang tampak di tengah kepadatan jalanan ibukota.

Sementara itu, Honda sukses dengan penjualan skutik Beat dan Vario yang mampu menyaingi pendahulunya Yamaha Mio. Akan tetapi, kehadiran PCX yang masuk segmen skutik premium masih diragukan penggila sepeda motor seperti terungkap dalam forum-forum serta milis-milis di dunia maya beberapa hari terakhir.

Perubahan strategi pemasaran keduanya akan diuji lewat event Pekan Rakyat Jakarta (PRJ) 2010 pada Juni-Juli ini serta gelaran Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2010 akhir tahun ini.

(inilah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: