Skip to content
23/06/2010 / Windy

McLaren, Mercedes, dan Renault Jiplak Knalpot RB6

otomotifwihans.com | wihans,web.id [ Otomotif ] : Adrian Neway, orang paling bangga, boleh sedikit sombong dan bisa membusungkan dada di arena F1. Bagaimana tidak. Knalpot rancangan direktur teknik tim F1 Red Bull Racing (RBR) pada RB6 tak cuma dicontek oleh Ferrari.Setidaknya, ada tiga tim lain ikut mengopi desain unik knalpot mobil balap RB6 yang dikemudikan Sebastian Vettel (Jerman) dan Mark Webber (Australia) itu. Ketiga tim tersebut adalah Mercedes, McLaren, dan Renault. Mereka yakin kalau bikinan Newey itu memberi keuntungan pada daya cengkeram bagian belakang.

Memang, udara ke belakang disalurkan lebih efisien melalui dua diffuser sehingga meningkatkan daya cengkeram kedua roda belakang. Keuntungannya, mobil bisa lebih cepat setengah detik tiap lapnya.

“Kami punya kebijakan untuk mengubah agar bisa bersaing di Silverstone (sirkuit di Inggris). Dan jika tidak bisa melakukan langkah yang besar, tentu kami sangat kecewa,” jelas Martin Whitmarsh, bos McLaren.

Wartawan merangkap komentator dari Jerman mengatakan, Mercedes W01 juga sudah dimodifikasi pada bagian knalpotnya. Penyempurnaan ini akan dipakai saat tampil di Sirkuit Silverstone, Juli mendatang. Tapi jangan-jangan, menurut perkiraan sang wartawan, ketika di Valencia pun Mercedes sudah pakai.

Nick Fry, Chief Executive Mercedes GP, membantah perihal knalpot. Ia mengatakan, markas di Brackley (Mercedes) lagi fokus mengembangkan sistem F-duct yang coba dikembangkan dengan hasil sebaik knalpot Red Bull.

(kompas)

%d bloggers like this: