Skip to content
23/06/2010 / Windy

Olahraga Lawan Kecanduan Alkohol

kesehatanwihans.com | wihans.web.id [ Kesehatan ]: Manfaat olahraga bagi kesehatan sudah tak terbantahkan. Kini telah terbukti satu lagi manfaat nyata dari kegiatan gerak badan, yakni mengurangi kecanduan alkohol.Kecanduan alkohol dapat mengganggu ritme sirkadian yang normal, misalnya kapan harus tidur atau makan, yang berujung pada gangguan tidur. Akibatnya, seorang pencandu alkohol mulai minum lebih banyak lagi agar bisa terlelap.Siklus ini tak akan pernah berakhir karena minum lebih banyak justru membuat seseorang makin kecanduan.Dalam sebuah riset terhadap tikus percobaan diketahui aktivitas fisik, dalam hal ini tikus berlari di roda berputar, mampu mengurangi konsumsi alkohol.

“Makin banyak tikus berlari, makin sedikit mereka mengonsumsi alkohol. Karena itu, kami yakin olahraga bisa menjadi terapi tanpa obat yang efektif untuk melawan kecanduan alkohol,” kata J David Glass, ahli biologi dari Kent State University, yang melakukan penelitian ini.

Olahraga diduga akan merangsang suatu sistem reward (kesenangan) di otak yang bereaksi sama seperti saat seseorang menenggak alkohol. Dengan kata lain, rasa enak yang ditimbulkan akibat olahraga mirip dengan alkohol.

“Dopamin adalah zat kimia yang dilepaskan oleh otak saat merespons segala jenis reward, termasuk olahraga, narkoba, makanan, atau seks,” kata Glass.Karena itu, olahraga bisa menjadi alternatif yang efektif dan alami untuk mengganti segala tipe adiksi secara sehat. Namun, seperti halnya semua jenis kesenangan lain, olahraga juga harus dilakukan dalam porsi secukupnya sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

(kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: