Skip to content
24/06/2010 / Windy

AS Lolos Dramatis!

bolawihans.com | wihans.web.id :  [ olahraga ] : Amerika Serikat lolos secara dramatis ke babak 16 besar Piala Dunia 2010. “The Yanks” harus menunggu sampai menit ke-90 untuk meraih tiket tersebut berkat gol tunggal Landon Donovan ke gawang Aljazair, di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria. AS pun menang 1-0.Hasil ini membuat AS keluar sebagai juara Grup C.

Mereka akan didampingi oleh Inggris, yang pada pertandingan lain juga cuma menang 1-0 atas Slovenia, sehingga menjadi runner-up. Di fase knock out, AS bertemu runner-up Grup D dan Inggris menantang juara Grup D.Seandainya AS gagal mencetak gol dan Inggris tetap menang 1-0 atas Slovenia, maka AS yang tersingkir karena kalah bersaing dengan Slovenia.

Meskipun kedua tim memiliki nilai dan selisih gol yang sama, tetapi Slovenia punya keuntungan dari kemenangan atas Aljazair pada laga perdana dibandingkan tiga hasil seri AS. Aturan FIFA untuk Piala Dunia Afsel ini menyebutkan (untuk kasus ini), tim yang pernah meraih poin tertinggi dalam pertandingan penyisihan menjadi pemenangnya.

Namun, aturan itu akhirnya tak berlaku setelah Donovan mencetak gol di pengujung laga. Dia me-rebound bola hasil tangkapan yang tidak sempurna dari kiper Rais M’Bolhi, saat berusaha menghadang laju Jozy Altidore.

Pada laga yang disaksikan mantan Presiden AS Bill Clinton, yang duduk bersama Presiden FIFA Sepp Blatter, ini, kedua tim memeragakan permainan cepat. Tuntutan harus menang, terutama bagi AS, agar memastikan diri maju ke babak 16 besar, membuat mereka tampil agresif.

Aljazair mendapat peluang lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit kelima. Rafik Djebbour, yang lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan lambung dari tengah lapangan, nyaris membobol gawang Tim Howard. Namun, rupanya keberuntungan belum berpihak kepada “Les Fennecs” karena bola tendangan Djebbour, yang sambil membelakangi gawang, membentur mistar gawang.

Seusai peluang yang menghentak itu, AS pun melangsung meresponsnya. Akan tetapi, tim besutan Bob Bradley ini cukup kesulitan menembus barikade pertahanan Aljazair, yang tampil sangat disiplin. Usaha Landon Donovan dan kawan-kawan selalu kandas sebelum bola memasuki kotak penalti.

Namun pada menit ke-20, AS sempat menggetarkan jala Aljazair lewat sontekan Clint Dempsey, yang me-rebound bola tembakan Herculez Gomez. Ternyata, pencetak gol ke gawang Inggris—ketika mereka bermain imbang 1-1 di laga perdana penyisihan grup—ini sudah berada dalam posisi offside, untuk meneruskan bola tendangan Gomez yang lebih dulu membentur penjaga gawang Rais M’Bolhi. Gol pun dianulir.

Sejak itu, AS mendominasi pertandingan. “The Yanks” terus mengurung pertahanan Aljazair, dan mereka nyaris mencetak gol lagi pada menit ke-35. Beruntung, kiper M’Bolhi berhasil menghalau bola sontekan Gomez, yang mencocor umpan terobosan Donovan.

Hanya berselang dua menit, AS mendapat peluang emas lagi. Namun, kesalahpahaman antara Donovan dan Jozy Altidore berbuah kegagalan untuk mengoyak jala Aljazair. Dua pemain ini saling berebutan untuk menceploskan bola ke gawang yang sudah tidak terkawal lagi. Altidore dengan keras menendang bola hasil kerja Donovan, yang sudah memperdaya M’Bolhi saat berusaha menghalau bola dari kakinya.

Terus tertekan, Aljazair pun membalas lewat sebuah ancaman dari serangan balik pada menit ke-37. Mendapat bola dari belakang, Karim Matmour tak menunggu lama untuk menggiring si Jabulani—bola resmi Piala Dunia 2010. Ketika melewati garis tengah, dia langsung melepaskan tendangan keras, yang membuat Tim Howard harus berjibaku menepis bola keluar.

Di sisa waktu yang ada hingga turun minum, kedua tim hanya menciptakan peluang. Tak ada gol yang tercipta sehingga babak pertama berakhir imbang 0-0.Memasuki babak kedua, AS tetap mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, negeri “Paman Sam” ini kembali menghadirkan ancaman yang sangat serius pada menit ke-56. Kali ini, tiang gawang menjadi penyelamat Aljazair, ketika bola sontekan Dempsey membenturnya.

Berawal dari serangan balik, Altidore yang menyisir dari sisi kiri berhasil melewati bek kanan Aljazair. Setelah itu, sang striker menyodor bola ke mulut gawang, dan disambut oleh Dempsey, yang mengarahkan bola ke sisi kiri gawang. Kiper M’Bolhi memang tak mampu menjangkaunya, tetapi si kulit bundar justru membentur tiang. Dempsey mendapat kesempatan kedua untuk me-rebound bola tersebut, tetapi tendangan kaki kirinya justru jauh di luar bidang sasaran. Padahal, gawang tak terkawal dengan baik lagi.

Menit ke-64, AS kembali mengancam. Kali ini pemain pengganti Benny Feilhaber yang membuat kubu Aljazair terhenyak, ketika dia melakukan penetrasi hingga menembus ke mulut gawang. Namun, lagi-lagi M’Bolhi menggagalkan tembakannya yang menyusur tanah sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Di pengujung pertandingan, AS mendapat lagi peluang mencetak gol. Edson Buddle melakukan solo run hingga ke dalam kotak penalti. Sayang, dia terlalu pelan memberikan umpan kepada Altidore sehingga bek Aljazair bisa menggapai si kulit bundar dan dibuang jauh ke depan.

Memasuki masa injury time, AS berhasil memecah kebuntuan. Donovan menjadi pahlawan “The Yanks” ketika me-rebound bola halauan kiper M’Bolhi, yang menahan serobotan Dempsey saat menerima umpan silang datar dari Altidore. Dalam waktu tersisa, selain unggul 1-0, AS juga unggul jumlah pemain karena kapten Antar Yahia dikartumerah.

(kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: